Efektivitas Pelaksanaan Lelang Jabatan

  • Fitri Wahyuni Nengsih Universitas Negeri Padang
  • Syamsir Syamsir Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas pelaksanaan lelang jabatan di lingkungan Pemerintahan Kota Padang dan kendala-kendalaserta solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan lelang jabatan tersebut. Efektivitas pelaksanaan lelangtersebutdilihat berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purpossive sampling. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pelaksanaan lelang jabatan di Kota Padang belum efektifdilihat dari PERMENPAN-RB No.13 Tahun 2014 karena ada empat tes yang tidak dilakukan sesuai dengan peraturan tersebut. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan lelang jabatan ini adalah sedikitnya anggaran pelaksanaan lelang jabatandanadanya peraturan baru dari pemerintah pusat yang cukup memberatkan dalam pelaksanaan lelang jabatan serta latar belakang keilmuwan Panitia Seleksi yang kurang relevan dengan jabatan yang dilelang. Solusi yang dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan anggaran yang ada dan merubah atau mengganti metode seleksi sesuai dengan kemampuan anggaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Donni Juni Priansa & Agus Garnida. 2013. Manajemen Perkantoran. Bandung: Alfabeta.
Melayu S.P Hasibuan. 2011. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Melayu S.P Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. rev.ed.Jakarta: Bumi Aksara.
Sondang P. Siagian. 2011. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sondang P. Siagian. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwatno & Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
PERMENPAN-RB No. 13 Tahun 2014 tentang Tara Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka Di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Made Gede Budhiarta. 2005. Pengembangan Model Pola Karir Pejabat Struktural melalui Job Tender di Sekretariat Daerah Kabupaten Jembrana. Tesis Program Pasca Sarjana. Universitas Airlangga Surabaya.
BKPSDM Kota Padang. www.bkd.padang.go.id, diakses 11 Januari 2018.
Kabar Nagari. 2016. Berikut Komentar Hangat Legislator Terkait Lelang Jabatan Sekda Kota Padang. www.kabarnagari.com, diakses 17 Januari 2018.
Published
2019-10-31
How to Cite
NENGSIH, Fitri Wahyuni; SYAMSIR, Syamsir. Efektivitas Pelaksanaan Lelang Jabatan. JESS (Journal of Education on Social Science), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 124-134, oct. 2019. ISSN 2550-0147. Available at: <http://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS/article/view/67>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/67.