INOVASI DUKCAPIL DIGI MOBIL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PARIAMAN

  • Dahlila Dahlila Peneliti pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kota Pariaman
  • Aldri Frinaldi Universitas Negeri Padang

Abstract

Progress in information technology today also modernize various public services including population registration services. Nowadays people always wanted services that were easier and did not need to queue at service counters. To minimize problems related to services, public service providers make innovations in service. The Department of Population and Civil Registration of Pariaman City as the organizer of population document management services has made an internet-based innovation called Dukcapil Digi Mobile which means being served geniusly. By using qualitative research methods and data collection techniques carried out by interviews, observation, and documentation study, the results of this study showed that the Dukcapil Digi Mobile innovation criteria were successful in terms of the success factors in implementing the innovation. Its implementation was influenced by supporting and inhibiting factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atthahara, Haura. 2018. “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta.” Jurnal Politikom Indonesiana 3(1):66–77.
Bela, Puspasari. 2019. “Inovasi Anjungan Tunai Mandiri (ALM) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Di Kelurahan Belimbing Kecamatan Belimbing Kota Malang).” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 8:1–8.
Fahlefi, Zul. 2014. “Penerapan Teknologi Informasi Bagi Pelaksanaan Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada BP2TSP Kota Samarinda).” Jurnal Paradigma 3(2):155–66.
Jalma, Hazid, Roni Ekha Putra, and Kusdarini. 2019. E-Government Dengan Pemanfaatan Web OpenSID Dalam Pelayanan Publik Di Nagari Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8 (1).
Jananto, Arief, and Heribertus Yuliaton. 2016. “Public Service Information Based on Map-Mobile as A Guide Search Places Public Service in Semarang City (Informasi Layanan Publik Berbasis Peta Mobile Sebagai Panduan Pencarian Tempat Layanan Masyarakat Di Kota Semarang).” Journal Pekommas 1(1):69. doi: 10.30818/jpkm.2016.2010107.
Kofi, Herminus. 2019. Inovasi Pelayanan Pembuatan SIM Di Polres TTU Kabupaten Timor Tengah. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. 3 (2), 414–34.
Kurniawan, Robi Cahyadi. 2016. “Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah.” Fiat Justisia 10(3):569–86. doi: 10.25041/fiatjustisia.v10no3.794.
Pamungkas, Bayu Aji, and Sri Handayaningsih. 2014. Implementasi Back Office Aplikasi M-Goverment. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. 2 (1), 731-737
Prianto, Hendri, and Rati Sumantri. 2020. “Tantangan Penerapan Inovasi Di Kota Semarang.” Sprit Publik Jurnal Aministrasi Publik 51(1):39–49.
Puspasari, Bela, and Dekki Umamur Ra’is. 2019. “Inovasi Anjungan Tunai Mandiri (ALM) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Di Kelurahan Belimbing Kecamatan Belimbing Kota Malang).” JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8 (2):70–77.
Ramadhan, Mirza Faruz. 2016. Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Program Layanan Tujuh Menit ( LATUM ) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan i Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 4 (1): 1-10
Rusmiarti, Dewi Ariningrum. 2015. “Analysis of the Diffusion Innovation and the Development of Work Culture in Bureaucratic Organization.” Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6 (2): 85–100.
Wulandari, Herlina. Afifuddin, and Suyeno. 2020. “Efektifitas Inovasi Program Pelayanan Publik Berbasis E-Government (Studi Kasus Aplikasi "Dr. Kepo" Dokter Kependudukan Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik). Jurnal Respon Publik, 14 (3): 27-35

Peraturan
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN) Nomor 81 Tahun 1993
Surat Keputusan Kepala Disdukcapil No. 14 Tahun 2019 tentang Pembentukan Anggota Tim Digi Mobile
Kepmenpan No. 63/KEP/M.PAN/ 7/2003 tentang Pelayanan Publik
Profil perkembangan kependudukan Kota Pariaman Tahun 2019,
Peraturan Mentri Dalam Negeri Rebuplik Indonesia No 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring
Peraturan Walikota Pariaman No. 55 Tahun 2016 tentang Kedudukan dan susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Pariaman
Peraturan Daerah Kota Pariaman no. 8 Tahun 2018 tentang penghapusan denda pengurusan dokumen kependudukan
Permenpan dan Reformasi Birokrasi No. 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.
Published
2020-11-24
How to Cite
DAHLILA, Dahlila; FRINALDI, Aldri. INOVASI DUKCAPIL DIGI MOBIL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PARIAMAN. JESS (Journal of Education on Social Science), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 241 - 254, nov. 2020. ISSN 2550-0147. Available at: <http://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS/article/view/285>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.285.