PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE

  • Daswati Daswati Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Pariangan Tanah Datar

Abstract

Based on the experience and observation of the author about the condition in SMP Negeri 2 Pariangan class VII 1 in the school year 2016 – 2017, students seemed less involved in the learning process. This was because the method of learning used by teachers that have not varied so as not interesting for students. This study aimed to determine whether the use of picture and picture method could improve student learning activities in class VII.1 SMPN 2 Pariangan Tanah Datar. This research was conducted through Classroom Action Research which was conducted in 2 cycles. The results of this study indicated that the use of Picture and Picture method was able to improve student learning activities. This could be seen from the average of student activity reaching 84% in learning which previously only at 52%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Busro. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Terjadinya Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari Melalui Metode Picture and Picture Pada Siswa Kelas VI SDN Munengleres I Kecamatan Sumberasih.” PEDAGOGY 7(1):48–51.
Dewi, Frisca Kumala. 2013. “Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II SDN Bringin 02 Semarang.” Universitas Negeri Semarang.
Fauzi, R., Dwiastuti, S., &. Harlita. 2011. “Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 Application.” Pendidikan Biologi 3(3):72–78.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamid, Moh Sholeh. 2012. Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.
Istarani. 2014. 58 Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Meiyanto, Tri Setyo, and Suwarsih. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Melalui Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Peterongan Kota Semarang.” Media Penelitian Pendidikan 12(1):92–101.
Mustikasari, Mega, Maddatauang, and Rosmini Maru. 2017. “UNM Geographic Journal.” UNM Geographic Journal 1(1):48–54.
Nabilah, Fiyani, and M. Abdul Gofur. 2020. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IB MI NURUL ANWAR BEKASI UTARA.” 03(April).
Natalina, Mariani, Yustini Yusuf, and Desy Rahmayani. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 1 Ukui Tahun Ajaran 2009/2010.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Biologi X(1):24–35.
Passalowongi, Nadrah. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru.” 3(2):275–82.
Rakasiwi, Nilam, Wahyudi, and Endang Indarini. 2019. “Pengembangan Media Komik Dengan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Kelas Iv Pendahuluan Penyelenggaraan Pembelajaran Kurikulum 2013 Dirancang Agar Selama Proses Belajar Mengajar Siswa Menjadi Aktif Dalam Membang.” Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang 10(1):60–70.
Riyono, Bambang, and Amin Retnoningsih. 2015. “Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Biology Education 4(2):166–72. doi: 10.15294/jbe.v4i2.8907.
Sagala, Saiful. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarsana, I. Wayan, Kadek Eva Krishna Adnyani, and Ni Nengah Suartini. 2018. “Penerapan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X Ap 2 Smkn 1 Nusa Penida Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 4(1):63. doi: 10.23887/jpbj.v4i1.14662.
Suprijono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Published
2020-11-24
How to Cite
DASWATI, Daswati. PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE. JESS (Journal of Education on Social Science), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 197 - 210, nov. 2020. ISSN 2550-0147. Available at: <http://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS/article/view/281>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.281.