PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PARIAMAN

  • Marlinda Marlinda Peneliti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kota Pariaman

Abstract

Archives needed to be managed properly because archives have a very important role for the life of an institution/organization so that if there were someone who needed them, the archives could be provided quickly and accurately. The objectives of this research were to analyze the management of population document archives at the Department of Population and Civil Registration of Pariaman City in connection with the creation, arrangement, storage, and discovery of archives; to analyze the obstacles in managing the population document archives; and to formulate the solutions (efforts) that could be done in overcoming problems or obstacles encountered by the archive manager. This was a qualitative research. The finding of this study indicated that the current management of population document archives at Pariaman City was not optimal and has not been implemented properly so that the management system needed to be improved. It was necessary to establish a Standard Operating Procedure (SOP) in the field of archiving so that activities for archiving could be well controlled.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abriani, Nining, Anis Anggorowati, and Nugraheni Panca Wardani. 2018. “Tata Kelola Arsip Kantor Desa Di Wilayah Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Dalam Mewujudkan Tertib Arsip Desa.” Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan 11(1):26. doi: 10.22146/khazanah.41536.
Anbarrini, Ririn, Rudi Susilana, and Hana Silvana. 2016. “Pengelolaan Arsip Pada Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat.” Administrasi 3(1):59–73.
Anon. 2009. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan.”
Anon. 2012. “Permendagri. Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendokumentasian Hasil Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil Di Daerah.” Pp. 1036–37 in.
Anon. n.d. “Lampiran Permendagri Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendokumentasian Hasil Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil Di Daerah.”
Daini, Helmi, and Marlini. 2017. “Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Arsip Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan 5(1):238–46.
Ida Nuraida. 2014. Manajemen Administras Perkantoran. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Kalinda, Linda. 2019. “Pengelolaan Arsip Berbasis Digital Oleh Pegawai Di Kantor Pengadilan Agama Ciamis.” Dinamika 6(3):76–86.
Madaling, and Hamlia Harun. 2019. “Sistem Pengelolaan Arsip Perkara Perdata Pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri Sidereng Rappang.” MODERAT 5(1):121–30.
Malabay. 2014. “Kajian Analisis Dan Perancangan Model Manajemen Arsip Dalam Rangka Tertib Administrasi Kearsipan (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer).” Ilmu Komputer 10(2, September):72–79.
Mustika, Reni, Aprillian Chairunesa, Desti Dwi Putri, and Eksi Pratama. 2018. “Pengelolaan Arsip Di Detik Sumatera Selatan.” Jurnal Iqra’ 12(01):83–98.
Narendra, Albertus Pramukti. 2016. “Model Transformasi Media Melalui Digitalisasi (Studi Kasus Alih Media Kartografi Di Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah).” 2(2):212–24.
Priansa, and Damayanti. 2015. Administrasi Dan Operasional Perkantoran. Bandung: Alfabeta, CV.
Rahmi, Hayatur, Sukaesih, and Nurmaya Prahatmaja. 2012. “Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif Di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat.” Mahasiswa Universitas Padjadjaran 1(1):1–10.
Reza, Widia, and Hendry Andry. 2015. “Pelaksanaan Pengelolaan Arsip Pada Bagian Seksi Pelayanan Lelang Di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Pekanbaru.” Valuta 1(2):353–67.
Sari, Tri Rama, Sarwita Pebriani, Anggun Latifah, Adi Setiawan, and Amy Triyani. 2019. “Manajemen Pengelolaan Arsip Dinamis Di Balai Penelitian Dan Pengembangan Lingkungan Hidup Kota Palembang.” Iqra’ 13(2):95–115.
Sattar. 2019. Manejemen Kearsipan. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiarto, Agus, and Teguh Wahyono. 2005. Manajemen Kearsipan Modern, Dari Konvensional Ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media.
Sugiarto, Agus, and Teguh Wahyono. 2015. Manajemen Kearsipan Elektronik. Yogyakarta: Gava Media.
Suhana. 2016. “Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Ruangan Penyimpanan Arsip Dalam Melakukan Kegiatan Pengelolaan Kearsipan Di Pusat Reaktor Serba Guna.” Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir 13(1).
Tiara, Farrah Mudhia, and Jazimatul Husna. 2018. “Analisis Alih Media Arsip Aktif Personal File Untuk Temu Kembali Arsip Di Pt Sucofindo Cabang Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 7(4):141–50.
Wati, Rizqi Mustika, and Nina Oktarina. 2019. “Pengelolaan Arsip Dinamis Akta (Studi Kasus Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang).” Economic Education Analysis Journal 8(3):925–35. doi: 10.15294/eeaj.v8i3.35009.
Wijaya, Recki Ari, Bambang Budi Wiyono, and Ibrahim Bafada. 2018. “Pengelolaan Kearsipan.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1(2):231–37.
Published
2020-11-24
How to Cite
MARLINDA, Marlinda. PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PARIAMAN. JESS (Journal of Education on Social Science), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 211 - 225, nov. 2020. ISSN 2550-0147. Available at: <http://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS/article/view/286>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.286.