Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa SMAN 1 Kec. Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMAN 1 Kec. Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Sampel dipilih secara random sebanyak 23 siswa kelas XII. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang disebar secara acak. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan software SPSS 21.
Hasil penelitian membutktikan bahwa variabel gaya hidup (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi belajar siswa (Y). Variabel motivasi belajar (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y).
Downloads
References
Cleoptra, Maria. (2015). “Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika” dalam Jurnal Formatif, 5 (2) pp: 168-181.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Hudojo, Herman. (1998). Pengembangan Kurikulum Ekonomi dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Huffman, K., Vermoy, M. dan Vermoy, J. (1995). Essentials of Psychology in Action. New York: John Wiley & Sons. Inc.
Inayah, Ridaul, dkk. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri Vol.1 No. 1.
Jones , M.R. (2005). Nebraska Symposium on Motivation. Lincoln: University of Nebraska Press.
Meggison, M. B. (2006). Small Business Management. New York: McGraw-Hill.
Oemar, H. (2005). Metodologi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Oktaria, D., Zulkardi, Z., dan Somakim, S. (2013). “Pengembangan website bahan ajar turunan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik”. Jurnal Kependidikan, 43 (2), 107-115. Diunduh dari http:// journal.uny.ac.id/ index.php/jk/article/view/2260.
Rana, R. A., Mahmood, N., and Reid, N. (2015). “Motivation and science performance: influence on student learning in science”. Science Institute (Lahore), 27 (2), 1445-1452.
Reardon, R. C. and Bertoch, S. C. (2010). “Student motivation and program participation”. Journal of College Student Development, 51(6), 716-722. Diunduh dari https://doi.org/10.1353/ csd.2010.0025.
Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tella, A. (2007). “The impact of motivation on student’s academic achievement and learning outcomes in mathematics among secondary school students in Nigeria”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 149-156.
Wingkel, C. (1989). Psikologi Pengajaran. Terjemahan Budiyanto. Jakarta: PT. Grasindo. Yong, B. C. S. (2009). “Students’ motivational orientations and their association with achievement in biology”. Brunei International Journal of Science & Math Education, 1, 56-64.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.